Social Icons

Kamis, 17 Oktober 2013

Kegiatan Perkemahan Pramuka SMK N 1 Purworejo

Salam Pramuka….
SMK Negeri 1 Purworejo memiliki kualitas pramuka yang tidak kalah baik dengan SMA / SMK di Purworejo, bahkan Pramuka SMK Negeri 1 Purworejo dengan Gugus Depan Nomor XI.06.07.071 dan XI.06.07.072 dengan Ambalan Sri Bathara Kresna dan Dewi Sri telah menjadi Gudep percontohan SMK, atau bisa dibilang Gudep SMK Terbaik di Kabupaten Purworejo yang akrab disebut Kabupaten Pramuka.
Untuk memastikan kegiatan Pramuka di SMK Negeri 1 Purworejo tetap berjalan, maka setiap tahunnya dilaksanakan reorganisasi Dewan Ambalan, dimana nantinya bertugas untuk menyusun dan melaksanakan program kerja Gerakan Pramuka SMK Negeri 1 Purworejo selama satu tahun pelajaran, Dewan Ambalan yaitu anggota pramuka penegak Bantara yang telah memenuhi syarat.
Dewan Ambalan masa bakti 2012 – 2013 merupakan salah satu angkatan Dewan Ambalan terbaik yang pernah ada di SMK N 1 Purworejo. (Katanya Pembina lho…)
Kegiatan pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan karakter bagi pemuda agar menjadi PEMUDA “PENYELAMAT BANGSA”. Salah satu kegiatan pramuka SMK Negeri 1 Purworejo yang dilaksanakan pada masa bakti Dewan Ambalan tahun 2012 – 2013 yaitu perkemahan, yang namanya pramuka pastinya tak lepas dari yang namanya PERKEMAHAN. Di awal tahun pelajaran dilaksanakan Perkemahan Alih Golongan dari Penggalang ke Penegak, dan wajib diikuti oleh semua siswa baru / tingkat X. Kemudian di akhir tahun pelajaran juga dilaksanakan perkemahan, yaitu Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara yang mana nantinya akan menjadi Dewan Ambalan pada masa bakti / tahun pelajaran selanjutnya.

ADA APA DALAM PERKEMAHAN………………..??????

Ya, pastinya semua sudah pernah mengikutinya, dan saat ini pasti akan tersenyum – senyum bila mengingat saat mengikuti perkemahan dulu.

Berikut cuplikan dan juga sedikit pembahasan mengenai Perkemahan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Purworejo pada masa bakti 2012 -2013 :

1.      1. UPACARA
Pembukaan kegiatan perkemahan pada umumnya dibuka dengan upacara. Kepala Sekolah secara resmi membuka acara. Selain itu juga dilaksanakan upacara adat yang dibuka oleh Pemangku Adat.


Upacara Adat
Upacara

Pemukulan Gong



2.      2. TENDA PRAMUKA
Salah satu yang membuat asyik dalam pramuka yaitu tidur bersama kawan – kawan dan berdusel – duselan dalam tenda. Hal itu mungkin akan teringat sampai tua nanti. Walaupun hanya berkemah di lingkungan sekolah tak salah bila menggunakan tenda.

Di depan Tenda

Mendirikan Tenda
Sedang Masak
           3. MASAK
Penilaian Lomba Masak
Tidak jarang dijumpai para peserta perkemahan makan makanan yang belum matang, gosong, kurang asin, keasinan, alias kurang enak, wajar ya,,, mereka yang tidak biasa masak harus masak sendiri untuk konsumsi. Masih ingat dulu kalian makan apa…?
Selain untuk konsumsi sering juga untuk lomba masak, untuk lomba kali ini masing – masing sangga / tenda wajib membuat makanan dari bahan kentang untuk dilombakan.


4.      4. PERLOMBAAN / PERMAINAN
Perlombaan / permainan dalam perkemahan ini bukanlah mencari yang terhebat, melainkan hanya untuk bergembira bersama. Berikut cuplikan video kegembiraan peserta :

Mandi di Sungai
5.      5. JELAJAH SIANG
Menjelajahi Sungai
Acara jelajah siang mungkin menjadi acara yang ditunggu – tunggu, dan pastinya akan penasaran dengan pos – pos yang ada. Masing – masing pos memiliki tantangan tersendiri, dan yang itu akan menjadi kesan yang menarik bagi peserta karena rute yang dilewati dan juga pakaian / atribut yang digunakan sangat tidak sewajarnya.
Joget di Terminal

6.      6. API UNGGUN
Api kita sudah menyala… Api kita suda menyala…. Api.. Api.. Api... Api sudah menyala
 Masih ingat tentunya dengan lirik itu, lagu wajib saat api unggun. Semua bergemberi disaat api unggun, karena semua berhak unjuk kebolehan bakat saat pentas di sekitar api, dan semuanya duduk mengitari api unggun dengan dihibur oleh pentas – pentas yang unik dan menarik. Banyak yang bernyanyi, ada yang memainkan alat music dari alat – alat dapur, ada yang membaca puisi, ada yang drama, ada pantomime, atraksi, dance, dan masih banyak lagi.

7.      7. JELAJAH MALAM
Persiapan Jelajah Malam
Suasana Jelajah Malam
Biasa disebut juga dengan JERITAN MALAM. Di tengah malam yang sepi, dalam suasana yang ngantuk, dan keadaan fisik yang lelah peserta harus berjalan melalui rute yang sudah ditentukan. Yang paling menarik adalah ekspresi ketakutan peserta disaat harus melewati komplek pemakaman secara bergantian. Maksud melewati makan yaitu agar kita harus ingat bahwa kita juga akan mati, selain itu juga untuk melatih mental peserta. Dalam jelajah malam pula terkadang juga ada yang melihat sosok mahkluk astral. Namun itu sangat jarang, untuk memberi sensasi berbeda terkadang juga ada yang bertugas berperan sebagai setan dengan dandanan yang menyeramkan (bagi yang penakut) dan lucu (bagi yang tidak takut).

Dewan Ambalan Masa Bakti 2012-2013

            Tentunya masih banyak hal – hal lain yang ada saat perkemahan, diatas mungkin hanya sepenggal kisah yang ada, setiap orang pasti punya kenangan tersendiri saat berkemah. Hanya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih telah membaca dan mengunjungi blog saya kritik dan saran bisa disampaikan pada kolom komentar dibawah.
PRAMUKA SMEKSA...... JAYA.......

Salam Pramuka…..

1 komentar:

Mohon Diklik dan Suka/Like/Seneng

Pengikut

 

BANGUNLAH

Dimana Semua Bangsa

SUATU DUNIA

Hidup Dalam Damai

Dan Persaudaraan

Kita Harus Tau

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong”

Pendapat untuk blog ini ?

 
Blogger Templates